Home arrow Migrasi arrow Internasional
Tuesday, 23 September 2014
 
 
Migrasi Internasional Buat halaman ini dlm format PDF Cetak halaman ini Kirim halaman ini ke teman via E-mail
Index Artikel
Definisi
 

Definisi

Migrasi internasional adalah migrasi yang melewati batas politik antar negara. Batas politik ini sangat dinamis tergantung kepada konstelasi politik global yang ada. Contoh: Orang yang pergi ke Timor Leste pada saat ini dikatakan sebagai migran internasional.  Padahal ketika Timor Leste masih menjadi bagian dari Indonesia, pelaku mobilitas tersebut tidak dikatakan sebagai migrant internasional, melainkan migran internal.

Seperti juga pada definisi migran internal, seseorang dikatakan migran internasional jika ia tinggal di negara tujuan selama 6 bulan atau lebih atau berniat tinggal 6 bulan atau lebih.

Sumber data 

Secara umum data mengenai migrasi internasional tidak selalu tersedia. Biasanya yang tersedia adalah data pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans).  Data ini pun belum mencerminkan jumlah pelaku migrasi internasional yang sesungguhnya mengingat tidak semua pelaku migrasi internasional bertujuan untuk bekerja atau melaporkan diri.  Banyak di antara mereka yang sekolah, ikut keluarga, bahkan yang bekerja menjadi tenaga ahli pun tidak selalu terdaftar di Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.

Interpretasi

Data penempatan tenaga kerja Indonesia dari Depnakertrans memperlihatkan bahwa jumlah pekerja migran Indonesia yang bekerja di luar negeri cenderung berfluktuasi sejak tahun 2001 hingga tahun 2004.  Sebagian besar dari mereka umumnya pergi menuju Saudi Arabia dan Malaysia. Yang lainnya pergi ke Kuwait, Singapura, Korea, Taiwan, Hongkong ,dan Yordan. Data juga memperlihatkan mereka yang pergi ke luar negeri ini lebih besar sebagai pekerja migran informal (tidak terdokumentasikan) daripada yang formal (terdokumentasikan). 

Kondisi semacam ini seharusnya menjadi perhatian bagi pemerintah daerah, terutama pemerintah kabupaten/kota untuk meningkatkan kinerja dinas ketenagakerjaannya atau dinas lain yang terkait dengan masalah ini mulai dari pendataan, pembinaan, pemberangkatan, dan kepulangan para migran tenaga kerja.

Data tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia menunjukkan jumlah migran yang masuk ke Indonesia dari berbagai negara. Sejak tahun 2001 hingga 2004, umumnya berjumlah 20 ribu hingga 25 ribu orang. Kebanyakan dari mereka berasal dari Jepang, Amerika, dan Australia.